Manasik Haji MTs Muhammadiyah 19 Surabaya



Manasik Haji adalah serangkaian tindakan  yang dilakukan oleh jamaah haji dalam rangka menunaikan ibadah haji. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan mental untuk melaksanakannya setidaknya sekali seumur hidup.

Manasik Haji mencakup beberapa tahap yang harus dilalui oleh jamaah haji, mulai dari persiapan sebelum keberangkatan hingga saat kembali dari Tanah Suci. Beberapa tahap utama dari Manasik Haji meliputi:

  1. Ihram: Jamaah haji memasuki keadaan ihram di miqat (tempat tertentu yang ditentukan) dengan niat haji. Pada saat ini, mereka mengenakan pakaian ihram yang sederhana dan menahan diri dari beberapa aktivitas dan perilaku tertentu.
  2. Wuquf di Arafah: Jamaah haji melakukan wuquf (berdiri) di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Ini merupakan bagian terpenting dari ibadah haji.
  3. Mabit di Muzdalifah: Setelah wuquf di Arafah, jamaah haji bermalam di Muzdalifah dan mengumpulkan batu untuk melaksanakan ritual Jumrah.
  4. Lontar Jumrah: Melempar jumrah (tiga tiang lempar setan) sebagai simbol penolakan terhadap godaan setan.
  5. Tawaf : Setibanya di Makkah, jamaah haji melaksanakan tawaf (mengelilingi Ka'bah) yang disebut Tawaf  sebagai bagian dari ritus haji.
  6. Sai: berlari kecil antara bukit Safa dan Bukit Marwa
  7. Tahallul: Jamaah haji mencukur atau memotong rambut sebagai tanda bahwa mereka telah menyelesaikan ibadah haji.
  8. Tawaf Wada: Tawaf perpisahan sebelum kembali ke kampung halaman.

Manasik Haji didasarkan pada perbuatan dan tindakan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim (Abraham) dan keluarganya. Ini mengandung nilai-nilai spiritual, pengorbanan, dan ketaatan kepada Allah. Melaksanakan Manasik Haji dengan penuh kesadaran dan keikhlasan adalah tujuan utama dari ibadah ini.







 

No comments:

Post a Comment