Monday, August 18, 2025

Koordinasi Administrasi Madrasah 19 Agustus 2025


 Koordinasi Administrasi Madrasah 19 Agustus 2025

Pada Selasa, 19 Agustus 2025, Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah 19 Surabaya melakukan koordinasi bersama Bapak Mihrom selaku operator madrasah. Pertemuan ini membahas berbagai hal terkait administrasi sekolah, mulai dari pendataan siswa, pengelolaan arsip, hingga kelancaran sistem digital madrasah.

Dengan suasana penuh keakraban, koordinasi ini bertujuan agar tata kelola administrasi madrasah semakin rapi, transparan, dan mendukung pelayanan pendidikan yang optimal. Kepala madrasah berharap kerja sama yang baik antara pimpinan dan operator terus terjalin, sehingga dapat menghadirkan lingkungan belajar yang tertata serta memberikan kemudahan bagi guru, siswa, maupun wali murid

Ekstra Kurikuler Tapak Suci Berlatih Tanggal 19 Agustus 2029








 Ekstrakurikuler Tapak Suci Berlatih Tanggal 19 Agustus 2029

Pada Selasa, 19 Agustus 2029, para anggota Ekstrakurikuler Tapak Suci kembali berlatih dengan penuh semangat. Suasana lapangan dipenuhi energi positif, ketika gerakan demi gerakan silat dilakukan dengan disiplin dan kekompakan. Latihan kali ini bukan hanya mengasah keterampilan bela diri, tetapi juga membentuk karakter, melatih konsentrasi, serta menumbuhkan rasa percaya diri.

Dengan bimbingan pelatih, para siswa berlatih jurus, tangkisan, dan kuda-kuda dengan serius namun tetap dalam suasana kebersamaan yang hangat. Melalui Tapak Suci, para siswa belajar bahwa kekuatan sejati bukan hanya terletak pada fisik, tetapi juga pada keteguhan hati dan akhlak mulia.

Perbaikan Internet di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya



 Pada hari Selasa, 19 Agustus 2025, MTs Muhammadiyah 19 Surabaya kedatangan teknisi khusus untuk memperbaiki jaringan internet di sekolah. Suasana penuh harapan terasa sejak pagi, karena jaringan internet merupakan salah satu penunjang penting dalam proses belajar mengajar di era digital.


Guru dan siswa menyambut kedatangan teknisi dengan ramah. Beberapa siswa tampak penasaran memperhatikan kabel dan perangkat yang diperiksa, sambil bertanya dengan rasa ingin tahu. Kehadiran teknisi ini bagaikan membawa angin segar bagi sekolah, karena perbaikan jaringan akan memudahkan akses informasi, mendukung pembelajaran berbasis teknologi, serta memperlancar komunikasi sekolah dengan orang tua maupun pihak luar.

Dengan penuh semangat kebersamaan, warga sekolah berharap agar setelah perbaikan ini, koneksi internet di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya semakin lancar dan stabil. Harapan besar terpatri, semoga setiap klik yang dilakukan siswa untuk belajar menjadi jalan menuju masa depan yang lebih cerah. 🌸

Pembelajaran IPS Kearifan Lokal di Kelas lX Tanggal 19 Agustus 2025






 Pembelajaran IPS Kearifan Lokal di Kelas IX Mts Muhammadiyah 19 Surabaya


Suasana penuh semangat tampak di ruang kelas IX Mts Muhammadiyah 19 Surabaya saat berlangsungnya pembelajaran IPS bersama Ustadz Mustaqim. Pada kesempatan kali ini, tema yang dipelajari adalah kearifan lokal — sebuah warisan budaya yang mengajarkan nilai kebersamaan, gotong royong, serta cara hidup harmonis dengan alam dan sesama.

Dengan gaya mengajar yang hangat, Ustadz Mustaqim mengajak para siswa berdiskusi tentang berbagai bentuk kearifan lokal di lingkungan sekitar, mulai dari tradisi masyarakat, nilai-nilai luhur, hingga praktik kehidupan sehari-hari yang mencerminkan identitas bangsa. Para siswa tampak antusias berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang budaya yang mereka kenal, sehingga pembelajaran terasa lebih hidup dan dekat dengan realitas kehidupan mereka.

Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya memahami materi IPS, tetapi juga semakin mencintai budaya bangsa serta terdorong untuk melestarikan kearifan lokal sebagai bagian dari jati diri.

Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar di Kelas VIII Tanggal 19 Agustus 2025

 







Belajar Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Bersama Ibu Roro


Surabaya – Kelas 8 MTs Muhammadiyah 19 Surabaya pada hari itu terasa begitu hidup ketika para siswa mengikuti pelajaran Matematika bersama Ibu Roro. Materi yang dipelajari adalah bilangan berpangkat dan bentuk akar, sebuah konsep penting yang menjadi dasar bagi pemahaman Matematika di jenjang berikutnya.


Dengan penuh kesabaran, Ibu Roro menjelaskan makna bilangan berpangkat, bagaimana pangkat menunjukkan perkalian berulang, serta kaitannya dengan bentuk akar sebagai kebalikan dari perpangkatan. Untuk mempermudah pemahaman, beliau memberikan contoh nyata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.


Siswa terlihat antusias mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan, baik secara individu maupun diskusi kelompok. Mereka mencoba menyelesaikan permasalahan, saling bertanya, dan membandingkan cara penyelesaian. Suasana kelas pun menjadi penuh semangat belajar dan kerja sama.


“Belajar bilangan berpangkat dan bentuk akar melatih kita untuk teliti, sabar, dan berpikir logis,” ujar Ibu Roro memberikan motivasi di tengah pembelajaran.


Kegiatan ini tidak hanya membuat siswa memahami konsep Matematika secara lebih mendalam, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri serta kegembiraan dalam belajar

Penerapan Bilangan Bulat dalam Kehidupan Kelas VII Tanggal 19 Agustus 2025











 Belajar Bilangan Bulat dengan Kreativitas Menggambar di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya

Surabaya – Suasana kelas tampak ceria ketika siswa MTs Muhammadiyah 19 Surabaya mengikuti pembelajaran Matematika dengan tema bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini, guru mengajak mereka untuk belajar melalui aktivitas menggambar yang kreatif.

Dengan penuh semangat, anak-anak mulai menuangkan imajinasinya di atas kertas: ada ikan, ubur-ubur, dan bintang laut yang digambarkan berada di bawah permukaan air sebagai representasi bilangan bulat negatif. Sementara itu, perahu layar berada tepat di permukaan air sebagai posisi nol, dan di atasnya terlihat burung serta awan yang melambangkan bilangan bulat positif.

Metode belajar ini membuat siswa lebih mudah memahami konsep bilangan bulat, karena mereka bisa menghubungkannya dengan kehidupan nyata. Selain itu, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, penuh warna, dan melatih kreativitas siswa dalam berpikir visual.

“Dengan cara ini, anak-anak tidak hanya menghafal konsep, tapi juga bisa mengaitkannya dengan pengalaman sehari-hari,” ujar guru dalam penjelasannya.

Kegiatan ini menjadi bukti bahwa Matematika bisa dipelajari dengan cara yang seru, kreatif, dan bermakna

Pembelajaran Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas lX Tanggal 19 Agustus 2025










 Belajar Persamaan Linear Dua Variabel Bersama Bu Roro

Surabaya – Siswa MTs Muhammadiyah 19 Surabaya kelas IX tampak penuh semangat saat mengikuti pembelajaran Matematika bersama Ibu Roro. Materi yang dipelajari hari itu adalah Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV), salah satu konsep penting dalam Matematika yang menjadi dasar pemecahan masalah sehari-hari.

Dengan sabar, Bu Roro menjelaskan bagaimana dua variabel dapat saling berkaitan dalam sebuah persamaan. Beliau mengajak siswa tidak hanya memahami rumus, tetapi juga mengaitkannya dengan contoh nyata dalam kehidupan – seperti menghitung harga barang, perbandingan usia, hingga pengaturan waktu kegiatan.

Untuk membuat suasana lebih menarik, Bu Roro memberikan soal kontekstual yang dikerjakan siswa secara berkelompok. Mereka berdiskusi, mencoba membuat model matematika, hingga menggambarkan grafik persamaan di bidang koordinat. Suasana kelas pun penuh dengan keceriaan, diskusi, dan rasa ingin tahu.

“Matematika itu bukan sekadar angka, tapi juga cara kita berpikir logis dan menyelesaikan masalah,” tutur Bu Roro memberikan motivasi kepada siswa.

Melalui pembelajaran ini, siswa tidak hanya memahami konsep PLDV, tetapi juga berlatih kerjasama, ketelitian, dan kemampuan berpikir kritis, sesuai dengan semangat pembelajaran mendalam yang diterapkan di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya.

Pembelajaran IPS di Kelas VII Tanggal 19 Agustus 2025



 

Pembelajaran Sel Hewan dan Tumbuhan di kelas VIII Tanggal 19 Agustus 2025







 Praktek Menggambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya

Surabaya – Suasana kelas 8 MTs Muhammadiyah 19 Surabaya pada hari itu begitu hidup dan penuh semangat. Para siswa mengikuti praktek menggambar sel hewan dan sel tumbuhan sebagai bagian dari pembelajaran IPA. Dengan telaten, Ustadz Arif membimbing mereka mengenali perbedaan antara struktur sel hewan dan sel tumbuhan.

Anak-anak tampak antusias menuangkan hasil pengamatannya dalam bentuk gambar di buku kerja. Mereka berusaha menggambar dengan detail, mulai dari inti sel, dinding sel, hingga organel-organel penting lainnya. Aktivitas ini tidak hanya melatih ketelitian, tetapi juga membantu siswa lebih mudah memahami konsep dasar biologi melalui pengalaman belajar yang menyenangkan.

“Belajar IPA tidak cukup hanya membaca teori, tapi juga perlu melihat, merasakan, bahkan menggambarnya agar lebih melekat di ingatan,” ujar Ustadz Arif dalam arahannya.

Kegiatan praktek ini menjadi salah satu bentuk pembelajaran mendalam (deep learning) yang diterapkan MTs Muhammadiyah 19 Surabaya, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep, tetapi juga mampu berpikir kritis, kreatif, dan aplikatif.

Pembelajaran IPA Tentang Metode Ilmiah di Kelas VII Tanggal 19 Agustus 2025