Koordinasi Administrasi Madrasah 19 Agustus 2025
Label
- Aktivitas Madrasah (92)
- Berbagi (4)
- informasi (47)
- Kemitraan (4)
- Kesehatan (2)
- Materi Pelajaran (16)
- News (14)
- Pameran (1)
- Perpustakaan Digital (2)
- prestasi (7)
- Tamu (3)
- tauziah (3)
Petuah
Monday, August 18, 2025
Koordinasi Administrasi Madrasah 19 Agustus 2025
Koordinasi Administrasi Madrasah 19 Agustus 2025
Ekstra Kurikuler Tapak Suci Berlatih Tanggal 19 Agustus 2029
Perbaikan Internet di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya
Pembelajaran IPS Kearifan Lokal di Kelas lX Tanggal 19 Agustus 2025
Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar di Kelas VIII Tanggal 19 Agustus 2025
Belajar Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Bersama Ibu Roro
Surabaya – Kelas 8 MTs Muhammadiyah 19 Surabaya pada hari itu terasa begitu hidup ketika para siswa mengikuti pelajaran Matematika bersama Ibu Roro. Materi yang dipelajari adalah bilangan berpangkat dan bentuk akar, sebuah konsep penting yang menjadi dasar bagi pemahaman Matematika di jenjang berikutnya.
Dengan penuh kesabaran, Ibu Roro menjelaskan makna bilangan berpangkat, bagaimana pangkat menunjukkan perkalian berulang, serta kaitannya dengan bentuk akar sebagai kebalikan dari perpangkatan. Untuk mempermudah pemahaman, beliau memberikan contoh nyata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Siswa terlihat antusias mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan, baik secara individu maupun diskusi kelompok. Mereka mencoba menyelesaikan permasalahan, saling bertanya, dan membandingkan cara penyelesaian. Suasana kelas pun menjadi penuh semangat belajar dan kerja sama.
“Belajar bilangan berpangkat dan bentuk akar melatih kita untuk teliti, sabar, dan berpikir logis,” ujar Ibu Roro memberikan motivasi di tengah pembelajaran.
Kegiatan ini tidak hanya membuat siswa memahami konsep Matematika secara lebih mendalam, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri serta kegembiraan dalam belajar
Penerapan Bilangan Bulat dalam Kehidupan Kelas VII Tanggal 19 Agustus 2025
Belajar Bilangan Bulat dengan Kreativitas Menggambar di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya
Pembelajaran Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas lX Tanggal 19 Agustus 2025
Belajar Persamaan Linear Dua Variabel Bersama Bu Roro
Pembelajaran IPS di Kelas VII Tanggal 19 Agustus 2025
🌍 Pembelajaran IPS Kelas VII – Mengenal Kondisi Geografis Indonesia
🗓️ Selasa, 19 Agustus 2025
Pada hari Selasa, 19 Agustus 2025, siswa kelas VII mengikuti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan penuh semangat dan rasa ingin tahu. Materi yang dipelajari hari ini adalah "Kondisi Geografis Indonesia dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat".
Dalam pembelajaran ini, siswa diajak memahami letak geografis Indonesia, baik secara astronomis maupun geografis, serta dampaknya terhadap iklim, kekayaan alam, dan kegiatan ekonomi masyarakat. Guru juga memberikan contoh bagaimana letak strategis Indonesia menjadikan negara ini sebagai jalur perdagangan internasional sejak dahulu kala.
Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui penjelasan interaktif, diskusi kelompok kecil, serta pengamatan peta untuk memperkuat pemahaman visual siswa.
💡 Manfaat pembelajaran ini adalah membangun wawasan kebangsaan, menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga potensi sumber daya alam Indonesia.
Dengan semangat belajar yang tinggi, siswa tidak hanya memahami isi materi, tetapi juga menyadari betapa pentingnya peran generasi muda dalam menjaga dan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia secara bijak.
Pembelajaran Sel Hewan dan Tumbuhan di kelas VIII Tanggal 19 Agustus 2025
Praktek Menggambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya
Pembelajaran IPA Tentang Metode Ilmiah di Kelas VII Tanggal 19 Agustus 2025
🔬 Pembelajaran IPA Kelas VII – Memahami Metode Ilmiah
🗓️ Selasa, 19 Agustus 2025
Pada hari Selasa, 19 Agustus 2025, siswa kelas VII mempelajari topik penting dalam Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu Metode Ilmiah. Pembelajaran ini menjadi dasar bagi siswa untuk memahami bagaimana ilmu pengetahuan dibangun melalui proses yang sistematis, logis, dan dapat diuji.
Guru menjelaskan tahapan-tahapan dalam metode ilmiah, meliputi:
-
Mengamati gejala alam
-
Merumuskan masalah
-
Membuat hipotesis
-
Melakukan eksperimen
-
Mengumpulkan dan menganalisis data
-
Menarik kesimpulan
Dalam kegiatan ini, siswa juga diajak melakukan pengamatan sederhana di kelas untuk melatih keterampilan dasar ilmiah seperti mencatat, mengukur, dan menyimpulkan. Diskusi interaktif turut mendorong siswa untuk berpikir kritis dan berani mengemukakan pendapat.
💡 Manfaat pembelajaran metode ilmiah adalah membentuk pola pikir ilmiah sejak dini, menumbuhkan rasa ingin tahu, serta membekali siswa dengan kemampuan untuk mengamati, menyelidiki, dan memecahkan masalah secara rasional.
Dengan pendekatan yang menyenangkan dan aplikatif, siswa semakin memahami bahwa sains bukan hanya sekadar teori, tetapi juga bagian dari cara kita memahami dunia secara lebih cermat dan bertanggung jawab.