Pembinaan dan Pelatihan Petugas Perpustakaan SMP/Ts Se-Kota Surabaya




Pembinaan dan pelatihan petugas perpustakaan SMP/TS (Sekolah Menengah Pertama/Tingkat Satuan Pendidikan) di Kota Surabaya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan mereka dalam mengelola perpustakaan. Kegiatan tersebut dapat mencakup berbagai aspek, seperti:

  1. Pengelolaan Koleksi Perpustakaan:

    • Mempelajari cara merancang, mengembangkan, dan memelihara koleksi perpustakaan yang relevan dengan kebutuhan siswa dan kurikulum.
    • Menilai dan memperbarui koleksi perpustakaan sesuai dengan perkembangan pendidikan dan kebutuhan bacaan siswa.
  2. Sistem Katalogisasi:

    • Memahami dan menggunakan sistem katalogisasi untuk menyusun katalog yang mudah dicari oleh pengguna.
    • Meningkatkan pemahaman tentang teknologi informasi terkini yang dapat mendukung manajemen katalog perpustakaan.
  3. Pelayanan Perpustakaan:

    • Meningkatkan keterampilan dalam memberikan layanan perpustakaan kepada siswa dan guru, seperti bantuan pencarian informasi, referensi, dan layanan lainnya.
    • Mengembangkan strategi untuk meningkatkan minat baca siswa melalui program-program inovatif.
  4. Teknologi Informasi:

    • Memahami penggunaan teknologi informasi dalam mengelola dan mempromosikan perpustakaan.
    • Melakukan pelatihan terkait penggunaan perangkat lunak dan aplikasi yang mendukung administrasi perpustakaan.
  5. Kemitraan dengan Guru dan Siswa:

    • Membangun kerjasama dengan guru dalam mengintegrasikan sumber daya perpustakaan dalam pembelajaran.
    • Meningkatkan keterlibatan siswa melalui kegiatan-kegiatan promosi dan program literasi.
  6. Keberlanjutan Program Perpustakaan:

    • Membahas strategi untuk menjaga keberlanjutan dan perkembangan program perpustakaan.
    • Merancang rencana jangka panjang untuk meningkatkan peran perpustakaan sebagai pusat pembelajaran di sekolah.
  7. Evaluasi dan Penilaian:

    • Membahas metode evaluasi dan penilaian kinerja perpustakaan untuk terus memperbaiki layanan.
    • Mengidentifikasi indikator keberhasilan dan metode pengukuran pencapaian tujuan.

Penting untuk memastikan bahwa pelatihan ini relevan dengan perkembangan terbaru dalam bidang perpustakaan dan teknologi informasi. Selain itu, mengakomodasi kebutuhan khusus petugas perpustakaan dan karakteristik siswa di lingkungan SMP/TS Kota Surabaya akan menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembinaan dan pelatihan tersebut.










 

No comments:

Post a Comment