Pemanfaatan Smartphone dalam Pembelajaran dengan Rumah Belajar


 




Pemanfaatan Whats App penting di masa pandemi ini, bahkan untuk belajar. Teknologi semakin hari semakin berkembang dan menjadikan teknologi sebagai salah satu bagian penting bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah smartphone. Kemajuan teknologi tersebut, menimbulkan inovasi–inovasi pembelajaran yang mengubah banyak aspek dalam pendidikan. Smartphone merupakan salah satu dari teknologi komunikasi yang membantu manusia untuk mendapatkan informasi pembelajaran secara cepat bahkan melaluio whats app. Di samping untuk membantu mencari informasi sumber-sumber belajar, whats app juga berfungsi menyebarkan informasi tentang manfaat Rumah Belajar dalam pembelajaran, sehingga dengan berkembangnya kemajuan teknologi komunikasi, berkembang pula penggunaan smartphone untuk pembelajaran dan menyebarluaskan praktik baik pembelajaran dengan memanfaatkan Rumah Belajar.

Smartphone selain dapat digunakan untuk telepon dan pesan singkat seperti halnya telepon biasa, keberadaan smartphone di tengah laju globalisasi teknologi komunikasi dan informasi memiliki fenomena tersendiri bagi dunia pendidikan khususnya bagi siswa di kala pandemi ini, yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Kehadirannya yang menawarkan kecanggihan untuk dapat mengakses segala informasi lintas dunia dengan sangat cepat, mudah dan murah dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk pola belajar untuk meningkatkan prestasinya dengan berbagai fitur yang tersedia seperti jaringan akses internet yang menyediakan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya, chatting atau percakapan singkat melalui whats app.

Di saat maraknya covid-19 siswa wajib belajar di rumah. Pola belajar di rumah merupakan salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh untuk memutus rantai penyevbaran virus Covid-19. Dalam pendidikan sering diketahui bahwa peserta didik mempunyai pola belajar yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, baik itu waktu belajar, gaya belajar, maupun kemampuan siswa menyerap pembelajaran. Setelah mengenal teknologi smartphone siswa dengan mudah mencari materi pelajaran dan menambah ilmu pengetahuannya sendiri dengan menggunakan aplikasi yang ada dalam smartphone dimana dan kapan saja. Salah satu manfaat smartphone adalah untuk belajar mempergunakan Rumah Belajar.






Pada saat MGMP Matematika di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, ada guru yang sudah memahami apa itu Rumah Belajar beserta pemanfaatannya, ada guru yang mengerti Rumah Belajar, namun belum mengenal pemanfaatannya, dan ada pula yang belum mengetahui Rumah Belajar. Ada guru yang menganggap Rumah Belajar hanya bisa diakses di web dan share screen saat pembelajaran tatap muka maya dengan siswa di masa pandemi ini, dan ada pula yang tidak mengetahui pemanfaatannya. Dengan memanfaatkan whas app, sebenarnya guru dapat membagikan link materi yang ada di rumah belajar, siswa tinggal klik, dan akan langsung terhubung dengan Rumah Belajar, tanpa harus tatap muka maya. Pemanfaatan Rumah Belajar dalam pembelajaran bisa disajikan dengan smartphone tanpa harus menggunakan piranti lain yang memberatkan siswa. Sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah. Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja dengan Rumah Belajar.

16 comments:

  1. Terima kasih informasinya.saat bermanfaat. Sukses terus bu.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasinya.saat bermanfaat. Sukses terus bu.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasinya.saat bermanfaat. Sukses terus bu.

    ReplyDelete
  4. Waw keren mam..
    Semangat belajar dan berbagi mam👍👍👍
    I love you

    ReplyDelete
  5. Bunda Roro memang menginspirasi

    ReplyDelete
  6. Luar biasa bu,,sangat menginspirasi pokoknya... sukses selalu bu..

    ReplyDelete
  7. Kerennn besok juga aku akan buat kegiatan untuk mempermantap guru dlam pemanfataan portal rumah belajar bu roro...🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  8. Kereen, tik menawarkan berbagai kemudahan yang diberikan sisa kita mau memanfaaatkanya atau tidak..

    ReplyDelete
  9. Kereen, tik menawarkan berbagai kemudahan yang diberikan sisa kita mau memanfaaatkanya atau tidak..

    ReplyDelete
  10. Kereen, tik menawarkan berbagai kemudahan yang diberikan sisa kita mau memanfaaatkanya atau tidak..

    ReplyDelete
  11. Mantap....TIK memang memberikan kemudahan dalam melaksanakan pembelajaran

    ReplyDelete